Awas, Celah Widget Diincar Penjahat Cyber

Laporan terbaru Web Security Trends dari Finjan patut diwaspadai. Laporan ini menyebutkan sebuah serangan baru yang mengeksploitasi widget dan gadget akan makin ramai.

Widget adalah suatu aplikasi kecil yang biasanya beroperasi dalam sebuah web browser atau di desktop dan menyajikan fungsi khusus, seperti laporan cuaca atau update data. Teknologi ini digunakan sebagai cara untuk merancang sebuah desktop atau halaman situs sehingga menyediakan informasi yang diinginkan user.

Tren terbaru dalam upaya pihak tak bertanggungjawab mendapatkan data milik calon korbannya menunjukkan peningkatan penggunaan widget sebagai celah keamanan. Peneliti di Finjan Malicious Code Research Centre memprediksikan bahwa peningkatan penggunaan widget makin membuka risiko bagi pengguna komputer.

Semua tipe widget dinilai memiliki sistem keamanan yang lemah. Ini termasuk widget pada sistem operasi, aplikasi pihak ketiga, maupun web widget.

Risiko ini makin terbuka dengan besarnya jumlah widget yang tersedia di dunia. Diperkirakan ada sekitar 3,720 widget telah tersedia di Google; 3,197 di Apple; dan 3,959 di Facebook.

Pihak Finjan mengatakan bahwa serangan yang mengekploitasi widget akan marak dalam waktu dekat ini, sehingga sistem keamanan perlu segera ditinjau ulang demi kepentingan penggunanya. Pengguna disarankan berhati-hati jika menggunakan widget. Terutama untuk widget dari pihak ketiga dan yang bersifat interaktif.

“Widget dan gadget yang rentan, memudahkan penyerang untuk mengendalikan mesin user, dan seharusnya hal ini dipikirkan dari sisi keamanan,” ujar Yuval Ben-Itzhak, Chief Technology Officer Finjan, seperto dilansir detikINET dari iTnews.

sumber : detiknet.com

2 Tanggapan to “Awas, Celah Widget Diincar Penjahat Cyber”

  1. by jabon

    wah saya harus berhati hati ni

    salam kenal dari saya jabon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: