Pengintai dari Ponsel Java

Makin banyaknya pencurian dewasa ini memang memprihatinkan. Kesulitan utama melacak pencurinya adalah tidak adanya rekaman aktivitas mereka. Karena, kehadiran Mobile Webcam yang otomatis bisa merekam semua aktivitas di sebuah tempat, akan menjadi bukti kuat.

Aplikasi Mobile Webcam yang gratis ini sangat berguna. Bukan untuk mencegah kejahatan, tapi untuk melacak dan menangkap pelakunya. Barang bukti pencuri memang sulit didapat, karena mereka beraksi saat tak seorang pun melihatnya. Buat pecandu narkoba, banyak pelakunya adalah orang terdekat, saudara, tetangga atau teman sendiri. Karena itu, foto aktivitas pencurian akan menjadi bukti kuat yang bisa membantu pihak kepolisian. Mobile Webcam bisa otomatis mengirim hasil foto ke alamat e-mail Anda, menyimpan foto ke memori ponsel, memotret setiap durasi waktu tertentu, dan mendukung layanan Web penyedia hosting gambar seperti Flicker.

Ponsel Java dengan aplikasi Mobile Webcam ini bisa dipasang di tempat tersembunyi untuk mengamati halaman rumah saat rumah kosong, di dalam mobil, kantor atau toko. Jangan sampai ponsel terlihat kecuali lingkaran kecil lensa kamera. Pastikan pula, ponsel dalam kondisi silent, tanpa getar, nomor GPRS sudah aktif dan pulsanya cukup sehingga bisa otomatis mengirim gambar ke alamat e-mail Anda. Berikut cara mudah instalasi dan penggunaannya.

Box:

Nama : Mobile Webcam
Ponsel : Sony-Ericsson berlayar Sony-Ericsson 176×220 dan 240×320 pixel, Siemens 132×176 pixel, Nokia Series 60v2, Samsung 176×220 dan 240×320 pixel atau ponsel Java lainnya
Harga : Gratis
Download : http://download.getjar.com/downloads/web/pub/9867/MobileWebcam.jar

Lakukan instalasi hingga selesai. Aktifkan dan pilih Options>OK. Pilih Yes saat muncul permintaan untuk mengakses internet via GPRS. Karena aplikasi ini gratis, maka akan muncul beberapa iklan di layar ponsel. Pilih operator yang sesuai. Lalu pilih Options>Menu>Continue. Ulangi lagi hingga sampai ke tampilan awal, dan pilih Options>OK untuk mulai masuk ke Webcam.

Mulai saat itu, akses internet sudah dimulai dan besarnya data sudah terukur. Pilih Options>Webcam Settings untuk melakukan pengaturan awal.

Pilih Auto-Save Pics agar objek yang terekam bisa langsung disimpan otomatis, lalu jenis file fotonya (PNG atau JPEG), dan resolusinya, lalu pilih Save. Makin besar resolusi yang dipilih, makin besar ukuran file, dan makin besar pula memori internal yang dibutuhkan. Resolusi 160×120 pixel sudah mencukupi, tidak memakan banyak memori dan masih nyaman dilihat.

Pilih Back untuk melanjutkan setting, lalu pilih Timer Settings untuk mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memotret objek pertama dan selanjutnya, dimulai dari angka 0 detik (tanpa jeda) hingga 0 detik. Pilih pula berapa banyak foto yang ingin disimpan otomatis, mulai dari 1 foto hingga tanpa batas tergantung kapasitas memori (No limit).

Pilih Back untuk melanjutkan setting, lalu pilih Upload Settings. Pilih Yes jika Anda ingin aplikasi otomatis mengirimkan hasil foto ke alamat e-mail yang sudah ditentukan sebelumnya. Lalu, masukkan alamat email asal (From), alamat e-mail tujuan (To), dan judul foto (Additional Message), lalu Save untuk menyimpan. Pilih Connect saat muncul pesan bahwa setting telah tersimpan dan koneksi ke internet perlu dilakukan. Tunggu hingga muncul pesan Connection established, dan pilih Back. Pilih Options>No jika Anda hanya ingin menyimpan hasil foto ke dalam memori ponsel.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: